Mau bikin ALUMINIUM? gini caranya..

Pake BAUKSIT, kayak yang udah dibahas di postingan sebelumnya,  bauksit satu-satunya bahan yg bisa dipake buat bikin aluminium. KENAPA ? karena bauksit mengandung Al₂O₃ (aluminium oksida) yang nantinya bakal kepake buat ngolah aluminium.

Jadi PERTAMAnya bauksit dilarutkan di larutan NaOH (*kenapa pake NaOH? Karena dalam larutan NaOH, aluminium oksida akan larut sedangkan pengotornya tidak larut), dihasilkanlah NaAl(OH)₄.

Yang mau tau reaksinya:

Al₂O₃(s) + 2NaOH(aq) + 3H₂O(l) → 2 NaAl(OH)₄(aq)

Proses dilanjutkan dengan mengalirkan CO₂ sehingga Al mengendap sebagai Al(OH)₃ lalu dipanaskan hingga diperoleh Al₂O₃ kering.

Lalu tahap KEDUA menggunakan elektrolisis dengan proses Hall-Heroult

Al₂O₃ punya titik leleh yg tinggi (>2000°C), kalo langsung elektrolisis lelehan aluminium oksida murni tidak ekonomis, jadi di larutkan dalam lelehan kriolit (Na₃AlF₆) sehingga dapat dilakukan pada suhu 950°C, dengan grafit di anode dan menghasilkan aluminium di katode, di anode sendiri dihasilkan gas oksigen dan karbon dioksida.

Reaksinya :

Al₂O₃(l) → 2Al³⁺(l) + 3O²⁻(l)

Katode:Al³⁺(l) + 3e → Al(l)

Anode: 2O²⁻(l) → O₂(g) + 4e

C(s) + 2O²⁻(l) → CO₂(g) + 4e

Selama elektrolisis, anode terus menerus dihabiskan. 1 kg aluminium menghabiskan 0,44 kg anode karbon.

si cuprum

TEMBAGA

Posting kali ini akan membahas tentang tembaga atau Cu. Lambang Cu ini berasal dari kata latin yaitu cuprum.

Tembaga memiliki bentuk menyerupai  kristal kubik, dan banyak ditemui dengan warna kuning dalam keadaan yang lunak dan liat. Sebenarnya unsur tembaga itu sangat banyak tetapi hanya sedikit saja yang namanya dikenal orang. Contoh yang paling familiar adalah kalkopirit (CuFeS2).

Tembaga merupakan salah satu logam yang banyak dalam keadaan bebas dan mempunyai potensial pengion pertama yang lebih tinggi daripada golongan alkali. Selain itu logam Cu ini ini tidak reaktif, sehingga tidak mudah terkena korosi dan sebagainya. Tembaga juga adalah logam yang berdaya hantar listrik tinggi dan baik, maka dari itu tembaga sering dipakai untuk kabel listrik.

Pembuatan tembaga

Tembaga adalah salah satu jenis mineral dari hasil suatu pertambangan. Dari hasil tambang itulah dilakukan pemisahan antara tembaga dan tanah yang disebut bijih. Dari bijih Cu mulailah awal proses pembuatan tembaga.

Biasanya bijih yang paling banyak ditemukan di alam adalah bijih tembaga-besi sulfida(CuFeS2). Besi inilah yang membuat proses tembaga menjadi susah.

Ok, dalam tahap pembuatan tembaga pertama-tama dilakukan flotasi/pengapungan. Dari flotasi inilah dihasilkan bijih pekat dengan kandungan sekitar 20-40% dari 0,5% Cu. Kemudian dipanggang agar besi sulfida berubah menjadi besi oksida. Setelah melalui proses pemanggangan bijih terlebih dahulu dileburkan sehingga mencair dan terpisah menjadi 2 lapisan. Salah satu dari lapisan yang terdri dari Cu2S dan besi cair ini dipindahkan lalu tiupkan udara sehingga reaksi redoks terjadi dan menghasilkan tembaga yang mengandung gelembung SO2 beku (tembaga lepuh). Dari proses ini terbentuklah tembaga yang mengandung 98-99% Cu disertai berbagai jenis pengotor sehingga harus dibersihkan dulu melalui proses elektrolisis.

Proses pembersihan dilakukan dengan menggunakan tembaga lepuh di anoda dan tembaga murni di katoda, dengan larutan CuSO4. Selama berlangsungnya elektrolisis Cu dipindahkan dari anoda ke katoda dengan potensial tertentu sehingga Cu murni bisa didapatkan.

Ini dia si Mister Mg !

 

Magnesium atau Mg termasuk ke dalam logam alkali tanah. Oya, logam alkali tanah itu bersifat pereduksi kuat. Semakin ke bawah, sifat pereduksinya semakin kuat. Hal tersebut dibuktikan oleh kemampuan bereaksi dengan air  yang semakin meningkat dari berilium (Be) ke barium (Ba).

Dan untuk kasus bereaksi dengan air, magnesium (Mg) murni  hanya dapat bereaksi dengan air panas atau uap air. Karena jika Mg direaksikan dengan air dingin maka reaksinya akan terhenti dan akan terbentuk magnesium hidroksida yang tidak larut dalam air dan membuat rintangan bagi magnesium untuk bereaksi lebih lanjut.

Berikut keterangan umum serta ciri-ciri fisik tentang unsur magnesium :

  • Nomor atomnya 12
  • Penampilannya putih keperakan
  • Bentuknya padat
  • Titik leburnya 923 K atau 6500C
  • Titik didihnya 1363 K atau 10900C

Tahukah kamu??? si  Mister magnesium (Mg) itu  merupakan elemen terbanyak ke delapan yang membentuk 2% berat kulit bumi, serta merupakan unsur terlarut ketiga terbanyak pada air laut. Dan juga merupakan salah satu unsur yang penting bagi tubuh kita. Katanya, di Cina sudah dilakukan percobaan Mg terhadap cara kerja otak-tapi hal ini baru dibuktikan untuk kalangan tikus saja- dan hasilnya tikus yang diberi unsur Mg mampu mengingat lebih lama daripada tikus yang tidak diberi Mg.

Nah, jika penelitian tersebut benar, berarti kita (manusia) bisa meningkatkan daya kerja otak kita dengan mengkonsumsi unsur Mg. Dan kalau pun penelitian tersebut salah, tetap saja kita tidak dirugikan  dengan mengkonsumsi Mg, karena tubuh kita juga perlu Mg lho….

Buat yang mau mengkonsumsi si Mg, caranya mudah ko, karena sebenarnya  dia itu terdapat di beberapa jenis makanan seperti, pada buah-buahan, sayur-sayuran hijau, daging, ikan, de el el.

kakek dan aluminium

                    
Siapa kah mereka??!!…Ayoo kita cari tauuu!!!

Suatu ketika, seorang remaja pria berwajah imutz (katanya sih temen2 skulnya, manggil dia Ci Minhoo) mendatangi sebuah kios matrial “Bang Ali ganteng intlek”.

“Kek, saya mau beli bahan-bahan yang terbuat dari aluminium, ada ga??
“Wahh, bocah ingusan kayak kamu emangnya punya duit?? Aluminium itu mahal.”
“Mahal??!” kenapa gitu Kek?”
“Karena mineral yang dapat diolah menjadi aluminium jumlahnya sedikit, sifatnya pun sulit direduksi. Apalagi zaman sekarang, persediaan SDA udah menipis.”

“Emangnya mineral yang diolah jadi aluminium itu apa, Kek?”
“Mineral yang banyak diolah menjadi aluminium adalah bauksit (Al2O3.nH2O) sebagai satu-satunya bijih yang dijadikan sumber aluminium, kriolit (Na3AlF6) yang digunakan saat proses peleburan aluminium, dan kaolin (tanah liat) nahh…ini nih yang sering dijadiin batu bata, genting, ‘n laen2.”

“Kek, sebutin cirri-ciri aluminium yang lain donk!! Ada tugas nihh…”
“Anak siapa sih kamu?? Nyuruh-nyuruh…tapi ya weslah, dengerin yah bocah! Aluminium itu:

1.     Ringan (massa jenis 2,7 g/cm3)

2.    Keras

3.    Mengkilap

4.    Tidak beracun

5.    Mudah ditempa

6.    Tahan terhadap korosi (bahasa gaulnya mah… tak karatan)

7.    Mudah bereaksi, sehingga tidak terdapat dalam bentuk unsur bebas    di alam.

“Bentuk bebasnya tidak ada di alam…kalau begitu, unsur aluminium ada di mana?”

“Unsur aluminium terdapat pada kulit bumi dalam bentuk senyawa oksida, seperti bauksit dan tanah liat.”

 

Suasana hening sejenak, Ci Minhoo manggut-manggut dengan serius, sedangkan si kakek senyum-senyum manis gitu dehhh…tiba-tiba…satu..dua..tiga..

“Kakek professor??”

“Loh..loh..loh..sudah, mau kakek certain lagi tentang aluminium ga?”

 

“Kamu tau, aluminium buanyak banget digunakan untuk alat-alat rumah tangga, kemasan makanan, kabel listrik, bahan bangunan, mata uang, komponen mobil  , komponen motor  .”

 

“Aluminium juga digunakan untuk membuat paduan logam (aliase), misalnya magnalium (terdiri atas 90% Al dan 10% Mg) untuk pesawat terbang  .”

 

“Ya udah, sampe sini dulu. Lain kali kalau mau beli alat-alat matrial ke sini lagi yah Bocah! Mau beli apa jadinya?”

 

“Hehehehhh…”

Sambil melangkah mundur, lalu ngacir…dan berteriak: “Aku kagak jadi beli Kek…!!! Hatur nuhun elmunya?!! Aku bakal kembali lagi kok…!!”

Bye…

 

“Mau tahu apa yang kan terjadi selanjutnya??”

“Tunggu postingan selanjutnya yahh!!”

 

Ilmu yang bermanfaat akan senantiasa menerangi hidup!!! 

BESI

Besi sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang dapat kita lihat, pagar, tiang-tiang, alat dapur dan yang lainnya terbuat dari besi. Besi ini adalah logam yang paling banyak penggunaannya karena jumlahnya di bumi cukup banyak, pengolahan yang dilakukan cukup mudah, dan sifat dari besi mudah di modifikasi.

Akan tetapi, besi juga punya kelemahan, yaitu mudah terkena korosi. Yang dimaksud korosi yaitu adanya kontak antara besi dengan air atau udara.

Sebetulnya besi bisa aja dimodifikasi agar tahan korosi/karat, yaitu dengan mengubahnya jadi baja tahan karat. Tapi untuk pengolahannya relatif mahal.

Untuk itu, ada beberapa cara agar tidak terjadi korosi, diantaranya :

  • Mengecat pagar atau jembatan. Cat bisa menghalangi kontak antara besi dengan air/udara. Lebih baik lagi menggunakan cat yang ada Pb dan Zn nya.
  • Pelumuran oli pada mesin
  • Melapisi dengan plastik, contohnya pada rak piring
  • Dilapisi dengan timah, contohnya pada kaleng kemasan
  • Pelapisan dengan Zn, contohnya pada pipa besi
  • Pelapisan dengan kromium, contohnya bumper motor
  • Pelapisan dengan Mg, contohnya pada pipa baja dalam tanah

Sedangkan untuk cara pembuatannya sendiri, besi diolah menggunakan tungku yang disebut tanur tiup (blast furnace).

Bahan yang diperlukan dalam proses adalah kokas [C] yang berfungsi sebagai redouktor dan batu kapur [CaCO₃] yang berfungsi sebagai fluks (bahan yang akan bereaksi dengan pengotor.

Pada umumnya, bijih besi mengandung pengotor yang bersifat asam dan basa. Jumlah pengotor yang bersifat asam biasanya lebih banyak sehingga digunakan fluks yang bersifat basa [CaCO₃]

Prosesnya :

  • Dari atas tungku dimasukkan bijih besi, kokas dan batu kapur, dari bawah ditiupkan udara panas
  • Kokas terbakar dan melepas kalor hingga dapat menghasilkan suhu 2000⁰C pada bagian bawah
  • Terbentuk CO₂ dari bagian bawah
  • Gas CO₂ naik, membentuk gas CO
  • CO mereduksi bijih besi dengan reaksi total :

Fe₂O₃ + 3CO → 2Fe + 3CO₂

Besi yang dihasilkan berupa lelehan karena suhunya sangat tinggi. Hasil dari tungku tersebut disebut besi gubal (pig iron) atau besi kasar. Ada juga yang dituang kedalam cetakan, namanya besi tuang (cast iron)

natrium buat apa sih?

dari postingan sebelumnya udah di jelasin secara singkat apa itu natrium, jadi natrium itu tidak ditemukan dalam bentuk murni di alam. JADI, apa sebenernya manfaat keberadaan natrium?

natrium murni sendiri berguna sebagai cairan pendingin pada raktor nuklir. natrium juga berguna untuk pengolahan logam-logam yang lebih berat dikarenakan natrium adalah reduktor kuat. ada juga natrium yang suka dipake dalam lampu sebagai penerangan di jalan raya. sepeti gambar berikut.

natrium bisa membentuk berbagai macam senyawa yang lebih sering digunakan dan lebih banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

misalnya UYAH atau garam dapur.

senyawa garam ini adalah NaCl, gunanya? seperti yang kita tau, buat bikin sayur lah, buat rujak, atau buat bumbu makanan lainnya. selain itu, garam juga digunakan oleh pedagang untuk mengawetkan beberapa makanan yang perlu diawetkan, contohnya saja pada pedagang es keliling. pedagang es menggunakan garam sebagai bahan untuk mempertahankan es agar tetap dingin.

pada suka mandi kaaaan?

kalo kita mandi pasti pake sabun (ya iyalaaah), naaaah, sabun itu terbuat dari senyawa yang ada unsur logamnya yaitu Na. senyawa yang dibentuk adalah NaOH. ga cuma di sabun mandi, tapi juga ada di pembersih lain yang fungsinya sama kaya sabun mandi.

eh jangan takut gara-gara sabun ada unsur logamnya…! justru NaOH yang ada di sabun yang dibuat dari Na berguna untuk menghilangkan minyak. makanya kalo abis mandi kulit jadi lebih seger :)

pernah makan kue? tau soda kue?

soda kue yang digunakan untuk mengembangkan adonan kue itu terbuat dari Na juga, senyawanya NaHCO3

adonan kue bisa mengembang karena soda kue membebaskan karbon dioksida dari kue saat dipanggang yang bikin kue jadi empuk karena ada rongga-rongga di dalamnya.

selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagi fungsi yang lain dari senyawa yang mengandung Na.

to be continued :)

unsur urutan ketiga pada golongan utama IA

Natrium

Ada yang tau apa itu natrium? Yang jelas natrium adalah salah satu dari banyak unsur logam.

Natrium jarang ditemukan dalam bentuk natrium murni, karna natrium sangat reaktif dalam artian sangat mudah bereaksi, misalnya saja reaksi natrium dengan air. Reaksi natrium dengan air menimbulkan reaksi yang hebat jika dibandingkan dengan reaksi air dengan litium.

Ciri-ciri  dari natrium :

Berlambang Na, bernomor atom 11

Termasuk ke dalam golongan IA, logam alkali

Massa atom 22,989770(2) g/mol

Fisiknya ringan, putih keperakan, mengapung di air, lunak seperti lilin

Natrium bisa dibuat dari reaksi sederhana yaitu proses elektrolisis. Caranya, digunakan NaCl atau yang lebih kita kenal sebagai garam dapur. Awal mulanya NaCl dilelehkan dulu, nah, lelehan NaCl inilah yang kita gunakan untuk membuat natrium.

Dari reaksi yang dilakukan, akan dihasilkan natrium cair yang nantinya disimpan dalam minyak tanah. Natrium cair ini tidak bisa disimpan dalam air karena akan meledak.

Mau tau apa manfaat natrium dalam kehidupan sehari-hari? Tunggu postingan berikutnya :)

Previous Older Entries

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.