natrium buat apa sih?

dari postingan sebelumnya udah di jelasin secara singkat apa itu natrium, jadi natrium itu tidak ditemukan dalam bentuk murni di alam. JADI, apa sebenernya manfaat keberadaan natrium?

natrium murni sendiri berguna sebagai cairan pendingin pada raktor nuklir. natrium juga berguna untuk pengolahan logam-logam yang lebih berat dikarenakan natrium adalah reduktor kuat. ada juga natrium yang suka dipake dalam lampu sebagai penerangan di jalan raya. sepeti gambar berikut.

natrium bisa membentuk berbagai macam senyawa yang lebih sering digunakan dan lebih banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

misalnya UYAH atau garam dapur.

senyawa garam ini adalah NaCl, gunanya? seperti yang kita tau, buat bikin sayur lah, buat rujak, atau buat bumbu makanan lainnya. selain itu, garam juga digunakan oleh pedagang untuk mengawetkan beberapa makanan yang perlu diawetkan, contohnya saja pada pedagang es keliling. pedagang es menggunakan garam sebagai bahan untuk mempertahankan es agar tetap dingin.

pada suka mandi kaaaan?

kalo kita mandi pasti pake sabun (ya iyalaaah), naaaah, sabun itu terbuat dari senyawa yang ada unsur logamnya yaitu Na. senyawa yang dibentuk adalah NaOH. ga cuma di sabun mandi, tapi juga ada di pembersih lain yang fungsinya sama kaya sabun mandi.

eh jangan takut gara-gara sabun ada unsur logamnya…! justru NaOH yang ada di sabun yang dibuat dari Na berguna untuk menghilangkan minyak. makanya kalo abis mandi kulit jadi lebih seger🙂

pernah makan kue? tau soda kue?

soda kue yang digunakan untuk mengembangkan adonan kue itu terbuat dari Na juga, senyawanya NaHCO3

adonan kue bisa mengembang karena soda kue membebaskan karbon dioksida dari kue saat dipanggang yang bikin kue jadi empuk karena ada rongga-rongga di dalamnya.

selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagi fungsi yang lain dari senyawa yang mengandung Na.

to be continued🙂

4 Comments (+add yours?)

  1. noname
    Oct 08, 2010 @ 12:35:59

    kalo NaNO3 reaksi riil nya gimana?

    trus bentuknya kaya gimana????

    Reply

    • unsurlogamipadwa
      Oct 09, 2010 @ 11:57:06

      natrium nitrat itu adalah sejenis garam yang dipake buat komposisi bahan peledak dan bahan bakar pada roket, terus pada kaca dan pelapis tembikar. natrium nitrat juga sudah ditambang luas untuk tujuan itu🙂

      Reply

  2. fajarnoiretblanc
    Oct 17, 2010 @ 18:15:34

    kalo MSG alias MonoSodium Glutamat/MonoNatrium Glutamat (C5H8NO4Na + H2O) kenapa bisa merugikan dan menjadi penyebab byk penyakit sperti hipertensi, kerusakan otak, dll. ya? dan katanya ada yg bisa menyebabkan kehilangan albino atau mutasi gen gara2 mengkonsumsi MSG.. bener ga tuh?

    Reply

  3. Obat Herbal Radang Paru Paru
    Jun 02, 2012 @ 03:23:48

    klo natrium di garam dengan yang ada di nanas apakah sama kegunaannya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: