kakek dan aluminium

                    
Siapa kah mereka??!!…Ayoo kita cari tauuu!!!

Suatu ketika, seorang remaja pria berwajah imutz (katanya sih temen2 skulnya, manggil dia Ci Minhoo) mendatangi sebuah kios matrial “Bang Ali ganteng intlek”.

“Kek, saya mau beli bahan-bahan yang terbuat dari aluminium, ada ga??
“Wahh, bocah ingusan kayak kamu emangnya punya duit?? Aluminium itu mahal.”
“Mahal??!” kenapa gitu Kek?”
“Karena mineral yang dapat diolah menjadi aluminium jumlahnya sedikit, sifatnya pun sulit direduksi. Apalagi zaman sekarang, persediaan SDA udah menipis.”

“Emangnya mineral yang diolah jadi aluminium itu apa, Kek?”
“Mineral yang banyak diolah menjadi aluminium adalah bauksit (Al2O3.nH2O) sebagai satu-satunya bijih yang dijadikan sumber aluminium, kriolit (Na3AlF6) yang digunakan saat proses peleburan aluminium, dan kaolin (tanah liat) nahh…ini nih yang sering dijadiin batu bata, genting, ‘n laen2.”

“Kek, sebutin cirri-ciri aluminium yang lain donk!! Ada tugas nihh…”
“Anak siapa sih kamu?? Nyuruh-nyuruh…tapi ya weslah, dengerin yah bocah! Aluminium itu:

1.     Ringan (massa jenis 2,7 g/cm3)

2.    Keras

3.    Mengkilap

4.    Tidak beracun

5.    Mudah ditempa

6.    Tahan terhadap korosi (bahasa gaulnya mah… tak karatan)

7.    Mudah bereaksi, sehingga tidak terdapat dalam bentuk unsur bebas    di alam.

“Bentuk bebasnya tidak ada di alam…kalau begitu, unsur aluminium ada di mana?”

“Unsur aluminium terdapat pada kulit bumi dalam bentuk senyawa oksida, seperti bauksit dan tanah liat.”

 

Suasana hening sejenak, Ci Minhoo manggut-manggut dengan serius, sedangkan si kakek senyum-senyum manis gitu dehhh…tiba-tiba…satu..dua..tiga..

“Kakek professor??”

“Loh..loh..loh..sudah, mau kakek certain lagi tentang aluminium ga?”

 

“Kamu tau, aluminium buanyak banget digunakan untuk alat-alat rumah tangga, kemasan makanan, kabel listrik, bahan bangunan, mata uang, komponen mobil  , komponen motor  .”

 

“Aluminium juga digunakan untuk membuat paduan logam (aliase), misalnya magnalium (terdiri atas 90% Al dan 10% Mg) untuk pesawat terbang  .”

 

“Ya udah, sampe sini dulu. Lain kali kalau mau beli alat-alat matrial ke sini lagi yah Bocah! Mau beli apa jadinya?”

 

“Hehehehhh…”

Sambil melangkah mundur, lalu ngacir…dan berteriak: “Aku kagak jadi beli Kek…!!! Hatur nuhun elmunya?!! Aku bakal kembali lagi kok…!!”

Bye…

 

“Mau tahu apa yang kan terjadi selanjutnya??”

“Tunggu postingan selanjutnya yahh!!”

 

Ilmu yang bermanfaat akan senantiasa menerangi hidup!!! 

8 Comments (+add yours?)

  1. churin
    Oct 08, 2010 @ 05:58:36

    menikmati kimia,,

    Reply

  2. nindya
    Oct 08, 2010 @ 06:41:10

    bagus.. baguss.. bagusss…

    Reply

  3. darul falah
    Oct 08, 2010 @ 07:05:29

    hebatlah, menggunakan cerita untuk berbagi ilmu sains. jarang-jarang ada orang yang bisa meng combine nya. bisa jadi inspirasi menulis

    Reply

  4. ekoph
    Oct 08, 2010 @ 07:15:32

    saya menikmati membaca artikel ini…

    Reply

  5. anonymous
    Oct 08, 2010 @ 12:29:40

    tu’ anak banyak nanya pisaan…!
    tapi kakek2 nya pinter juga!!!

    Reply

  6. ndez
    Oct 10, 2010 @ 12:14:56

    Teruslah berkarya pengikutku . . . sebagai mahasiswi kimia aku bangga dan sekaligus malu teman-teman, kalian lebih kreatif daripada aku, tunjukkan pada semua orang bahwa kimia itu tidak sulit.

    Reply

  7. Trackback: Artikel minggu ini #1 | MasterKimiaIndonesia.com
  8. zik611
    Mar 25, 2014 @ 11:35:16

    Reblogged this on jonegoro13.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: