si cuprum

TEMBAGA

Posting kali ini akan membahas tentang tembaga atau Cu. Lambang Cu ini berasal dari kata latin yaitu cuprum.

Tembaga memiliki bentuk menyerupai  kristal kubik, dan banyak ditemui dengan warna kuning dalam keadaan yang lunak dan liat. Sebenarnya unsur tembaga itu sangat banyak tetapi hanya sedikit saja yang namanya dikenal orang. Contoh yang paling familiar adalah kalkopirit (CuFeS2).

Tembaga merupakan salah satu logam yang banyak dalam keadaan bebas dan mempunyai potensial pengion pertama yang lebih tinggi daripada golongan alkali. Selain itu logam Cu ini ini tidak reaktif, sehingga tidak mudah terkena korosi dan sebagainya. Tembaga juga adalah logam yang berdaya hantar listrik tinggi dan baik, maka dari itu tembaga sering dipakai untuk kabel listrik.

Pembuatan tembaga

Tembaga adalah salah satu jenis mineral dari hasil suatu pertambangan. Dari hasil tambang itulah dilakukan pemisahan antara tembaga dan tanah yang disebut bijih. Dari bijih Cu mulailah awal proses pembuatan tembaga.

Biasanya bijih yang paling banyak ditemukan di alam adalah bijih tembaga-besi sulfida(CuFeS2). Besi inilah yang membuat proses tembaga menjadi susah.

Ok, dalam tahap pembuatan tembaga pertama-tama dilakukan flotasi/pengapungan. Dari flotasi inilah dihasilkan bijih pekat dengan kandungan sekitar 20-40% dari 0,5% Cu. Kemudian dipanggang agar besi sulfida berubah menjadi besi oksida. Setelah melalui proses pemanggangan bijih terlebih dahulu dileburkan sehingga mencair dan terpisah menjadi 2 lapisan. Salah satu dari lapisan yang terdri dari Cu2S dan besi cair ini dipindahkan lalu tiupkan udara sehingga reaksi redoks terjadi dan menghasilkan tembaga yang mengandung gelembung SO2 beku (tembaga lepuh). Dari proses ini terbentuklah tembaga yang mengandung 98-99% Cu disertai berbagai jenis pengotor sehingga harus dibersihkan dulu melalui proses elektrolisis.

Proses pembersihan dilakukan dengan menggunakan tembaga lepuh di anoda dan tembaga murni di katoda, dengan larutan CuSO4. Selama berlangsungnya elektrolisis Cu dipindahkan dari anoda ke katoda dengan potensial tertentu sehingga Cu murni bisa didapatkan.

2 Comments (+add yours?)

  1. imad
    Oct 17, 2010 @ 14:13:03

    tembaga paling reaktif sama unsur apa?

    Reply

  2. zik611
    Mar 25, 2014 @ 11:39:54

    Reblogged this on jonegoro13.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: