Mau bikin ALUMINIUM? gini caranya..

Pake BAUKSIT, kayak yang udah dibahas di postingan sebelumnya,  bauksit satu-satunya bahan yg bisa dipake buat bikin aluminium. KENAPA ? karena bauksit mengandung Al₂O₃ (aluminium oksida) yang nantinya bakal kepake buat ngolah aluminium.

Jadi PERTAMAnya bauksit dilarutkan di larutan NaOH (*kenapa pake NaOH? Karena dalam larutan NaOH, aluminium oksida akan larut sedangkan pengotornya tidak larut), dihasilkanlah NaAl(OH)₄.

Yang mau tau reaksinya:

Al₂O₃(s) + 2NaOH(aq) + 3H₂O(l) → 2 NaAl(OH)₄(aq)

Proses dilanjutkan dengan mengalirkan CO₂ sehingga Al mengendap sebagai Al(OH)₃ lalu dipanaskan hingga diperoleh Al₂O₃ kering.

Lalu tahap KEDUA menggunakan elektrolisis dengan proses Hall-Heroult

Al₂O₃ punya titik leleh yg tinggi (>2000°C), kalo langsung elektrolisis lelehan aluminium oksida murni tidak ekonomis, jadi di larutkan dalam lelehan kriolit (Na₃AlF₆) sehingga dapat dilakukan pada suhu 950°C, dengan grafit di anode dan menghasilkan aluminium di katode, di anode sendiri dihasilkan gas oksigen dan karbon dioksida.

Reaksinya :

Al₂O₃(l) → 2Al³⁺(l) + 3O²⁻(l)

Katode:Al³⁺(l) + 3e → Al(l)

Anode: 2O²⁻(l) → O₂(g) + 4e

C(s) + 2O²⁻(l) → CO₂(g) + 4e

Selama elektrolisis, anode terus menerus dihabiskan. 1 kg aluminium menghabiskan 0,44 kg anode karbon.

4 Comments (+add yours?)

  1. Crisan D.
    Oct 20, 2010 @ 10:48:43

    Bisa dicoba di lab sekolah?
    lumayan kalo ada stok aluminium sendiri, bisa bikin roket mini makin banyak😀 huehehehe

    Reply

  2. hendro
    Mar 14, 2012 @ 02:08:13

    kenapa ya alumina yang terbentuk punyaku cuma kadar 10 %, padahal bauksit nya kadar 45 %???

    Reply

  3. zik611
    Mar 25, 2014 @ 11:41:51

    Reblogged this on jonegoro13.

    Reply

  4. Triono purjo
    Jul 12, 2016 @ 03:12:59

    Mau beli kriolit di mana ya..?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: